pola hidup sehat

Gimana Pola Hidup Sehat Yang Baik dan Benar?

Dganit-Blechner – Masih banyak yang beranggapan bahwa menerapkan pola hidup sehat itu tidak mudah. Padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki pola hidup sehat dan menyenangkan.

Hal yang terpenting dalam menjalani pola hidup sehat ialah terapkan sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh.

Olah Raga Yang Tepat

Frekuensi olahraga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas Kalian. Sebaiknya istirahat satu hari dalam seminggu agar olahraga tidak terasa berat dan lebih menyenangkan.

Kalau mau melakukan secara rutin setiap hari, lebih baik pilih olah raga yang ringan seperti lari, yoga, atau dengan jalan cepat. Durasinya juga lebih baik pendek tapi rutin daripada panjang tapi hanya sesekali dilakukan.

Minum air saja

Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda tergantung kondisi kesehatannya. Misalnya, jika pada umumnya setiap orang membutuhkan 8 gelas air atau sekitar 2 liter, ibu hamil dan ibu menyusui membutuhkan 3 gelas lebih banyak.

Cara mudah untuk mengetahui apakah Anda terhidrasi adalah dengan melihat warna urin Anda. Tanda kebutuhan air tidak terpenuhi adalah warna urine menjadi lebih gelap.

Minum vitamin dan suplemen

Untuk penuhi nutrisi di dalam tubuh yang kadang tidak di hasilkan dari makanan, kalian dapat lengkapi dengan bermacam-macam suplemen serta vitamin. Khusus untuk ibu hamil dan menyusui, kebutuhan zat besi meningkat dan seringkali tidak terpenuhi hanya dari makanan.

Ini sering menjadi alasan dokter menyarankan untuk mengonsumsi suplemen zat besi tambahan selama kehamilan dan menyusui. Sedangkan jika ingin menjaga daya tahan tubuh saat lelah atau beraktivitas berat, suplemen makanan dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Cukup tidur

Kesibukan seringkali mengurangi waktu tidur dan menyebabkan tubuh menjadi kurang prima. Walaupun semua orang mempunyai kebutuhan yang beda, pada umumnya orang dewasa itu butuhkan tidur selama 7-9 jam setiap harinya.

Kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Untuk itu, jika Anda ingin memiliki pola hidup sehat, mulailah mengatur jam tidur Anda.

Jaga pikiran Anda tetap positif

Masih banyak sekali yang tidak sadar kalau pikiran serta sikap positif bisa pengaruhi kesehatan fisik. Pastikan Anda berada di lingkungan yang baik agar bisa terus menerima energi positif.

Ketika keseharan mental kalian sedang tidak baik-baik saja, selain bisa kurangi fokus pada aktivitas sehari-hari, juga bisa tingkatkan resiko penyakit jantung. Dikelilingi oleh orang-orang yang mendukung juga dapat memudahkan Anda untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Ternyata untuk menjalani pola hidup sehat tidaklah rumit. Cukup dengan komitmen yang kuat saja, kalian dapat mempunyai rutinitas yang baik untuk tubuh dan kesehatan kalian.. Anda dapat menikmati manfaat kesehatan jangka panjang. Jadi tunggu apa lagi?

Baca Juga : 5 Drama Korea Bertema Horor Yang Bikin Jantung Berdebar-Debarrrr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *